Merayakan 100 Tahun Trik Sulap Memotong Tubuh Menjadi Dua

trik sulap memotong tubuh

Sulap.infoPesulap Inggris bernama Percy Thomas Tibbles adalah orang pertama yang memainkan trik sulap memotong tubuh menjadi dua. Pada Minggu, 17 Januari 2021, ilusi tersebut tepat berumur 100 tahun sejak kemunculan pertamanya.

Jika kamu lupa, permainannya kurang lebih seperti ini; seorang asisten pesulap–biasanya wanita–masuk ke dalam kotak kayu. Pesulap lalu memotong tepat di bagian tengahnya menggunakan benda tajam. Setelah triknya berhasil, dengan ajaib pesulap bisa menyatukan kembali tubuh orang yang ada di dalam kotak.

Salah Satu Ilusi Paling Ikonik

Ilusi ini sama ikoniknya dengan trik menarik kelinci keluar dari topi. Oleh karena itulah The Magic Circle ingin membuat selebrasi untuk memperingati peristiwa bersejarah tersebut. Hal itu diungkapkan oleh presidennya, Noel Britten, kepada The Guardian.

“Permainan ini memiliki sejarah yang sangat kaya dan menarik,” kata Britten dikutip dari The Guardian.

Selbit memainkan ilusi memotong tubuh. Foto: Jasper Maskelyne/ David McKay Company

Tibbles alias Selbit, pertama kali mementaskan ilusi tersebut di Finsbury Park Empire, London, 19 Januari 1921. Di kemudian hari, para pesulap saling seperti berlomba memainkan ilusi serupa dengan cara mereka masing-masing.

“Ide utamanya sangat sederhana dan jelas tidak masuk akal,” ujar pesulap Will Houston. “Sudah ada pakemnya, tetapi peluang mengembangkannya sangat luas.”

Dari pemaparan Houston diketahui bahwa ternyata trik sulap memotong tubuh menjadi dua yang kebanyakan dimainkan di masa sekarang sudah mengalami banyak modifikasi. 

Permainan asli dari Selbit tidak membuat kepala dan kaki orang di dalam kotak kayu menonjol keluar. Lalu saat memotong juga dibuat lambat dan sangat nyata. Itu memang membuat proses ilusi jadi lebih lama, klaim Houston.

Houston mengatakan salah satu versi yang paling berkesan baginya adalah trik sulap memotong tubuh menjadi dua oleh Simon Drake. Ilusi tersebut ditayangkan di acara larut malam Channel 4 pada tahun 1990-an berjudul Secret Cabaret. 

Dalam permainannya, Drake melibatkan asisten yang berdandan seperti staf medis. Adapun orang yang ‘dipotong’ adalah Drake sendiri. Lalu seseorang memotong Drake dari arah kaki hingga dadanya, berbeda dari kebanyakan trik memotong tubuh jadi dua.

Aksi Simon Drake di program TV Secret Cabaret. Foto: Channel 4

Acara Perayaan Virtual Magic Circle

The Magic Circle sendiri berencana merayakan peringatan tersebut bersama para pesulap di seluruh dunia secara virtual. Pada streaming tersebut mereka akan memaparkan sejarah ilusi ini dan berbagai kisah yang meliputinya.

Pesulap kenamaan Amerika Serikat, David Copperfield juga akan menjadi bintang tamu spesial dalam acara virtual tersebut. Ada pula sosok rekan setia mendiang Paul Daniels, Debbie McGee yang bakal menceritakan pengalamannya memainkan berbagai variasi dari trik sulap memotong tubuh tersebut.

Tautan streaming dapat dilihat di halaman Facebook Magic Circle Unlocked. Acara akan dimulai pada pukul 18.00 GMT (17 Januari) atau sekitar pukul 01.00 dini hari WIB (18 Januari).

Sumber: www.theguardian.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *