Harlan Tarbell, Si Penulis Buku Legendaris ‘Tarbell Course in Magic’

Sulap.info – Harlan Eugene Tarbell (23 Februari 1890 – 16 Juni 1960) adalah seorang pesulap dan ilustrator Amerika pada awal abad ke-20. Dia juga merupakan penulis dari buku sulap legendaris berjudul “Tarbell Course in Magic”.

Tarbell pernah sekali terjun ke layar lebar pada awal 1930-an dalam film pendek berjudul “Buck Rogers in the 25th Century”. Dia menjadi pengarah produksi sambil membintangi film tersebut sebagai Dokter Huer.

Awal Perjalanan Karier Harlan Tarbell

Tarbell lahir di kota Delavan di Illinois, Amerika Serikat, tetapi dia menghabiskan masa kecilnya di Groveland. Dia menggambar kartun untuk sebuah surat kabar di Morton ketika dia berusia 12 tahun. Dari situlah Tarbell mulai berkenalan dengan dunia sulap profesional, tepatnya ketika dia menempuh perjalanan sepanjang lima mil untuk menyaksikan aksi pesulap Harry August Jansen, alias Dante, di Balai Kota Morton.

Pada tahun 1911, Tarbell pindah ke Chicago untuk mengejar karier profesional di bidang ilustrasi. Usahanya menarik perhatian perusahaan sulap Read and Covert, yang kemudian mempekerjakan Tarbell dalam proyek “Illustrated Catalogue of Superior Magical Apparatus”. Tarbell bekerja di Read and Covert hingga tahun 1941.

Tarbell, Gwynne, Okito, Dorny, dan yang lainnya di Marathon of Magic di Hamilton Hotel, Chicago tahun 1957. (facebook.com/tarbellmagic)

Selama Perang Dunia I, Tarbell bertugas di 24th Air Company Prancis, di departemen medis. Di sana dia bekerja menggambarkan atlas militer dan sempat belajar dengan impresionis asal Prancis, Claude Monet.

Tarbell Mulai Mengerjakan Course in Magic

Pada tahun 1921, lima tahun sebelum dia mulai mengerjakan Tarbell Course-nya, dia membuat beberapa ilustrasi untuk publikasi yang disebut “Lessons in Magic”. Itu adalah buklet berukuran 6×9 inci, yang berisikan satu trik. Tarbell membuat ilustrasi untuk dua belas trik yang ditulis oleh Arthur Buckley. 

Penerbit T. Grant Cooke dan Walter A. Jordan kemudian berminat memproduksi Course in Magic, pelajaran sulap berbasis langganan lewat surat pada pertengahan 1920-an. Cook dan Jordan menyewa Tarbell dan Walter Baker, pesulap lain di daerah Chicago, untuk mengerjakan proyek tersebut. 

Iklan berlangganan Course in Magic pada tahun 1927. (facebook.com/tarbellmagic)

Sayangnya, Baker keluar dari proyek itu pada tahap awal karena memilih untuk berkonsentrasi pada sulapnya sendiri. 

Beberapa bulan sebelum kematiannya, Harry Houdini sempat dibujuk untuk menulis dalam proyek ini, tetapi Houdini menolak dan merekomendasikan Tarbell. Para penerbit pun setuju dan memberi Tarbell $50.000 untuk mengerjakannya. Tarbell menyelesaikan Course in Magic pada tahun 1928, menghasilkan 60 pelajaran sulap dengan setidaknya 3.100 ilustrasi.

Bess (istri Houdini), Tarbell, dan Edward Saint pada tahun 1938. (facebook.com/tarbellmagic)

Fakta Tentang Tarbell Course in Magic

Tarbell pernah membahas filosofi di belakang Course in Magic-nya: “Ada perbedaan besar antara pesulap dan orang yang sekadar melakukan trik. Pada dasarnya, pesulap tidak berbeda dengan penampil profesional lainnya. Seseorang harus berlatih, memiliki metode alternatif dan menjadi terampil dalam presentasi untuk memenuhi segala kondisi.” 

Salah satu bagian dari Tarbell Course in Magic. (facebook.com/tarbellmagic)

Tidak seperti pelajaran sulap lainnya yang lebih menekankan pada trik itu sendiri, Course in Magic mencakup semua elemen. Termasuk sesi latihan dasar yang melibatkan posisi tubuh, gerakan, dan teknik sulap yang akan dimasukkan ke dalam trik.

Setelah menjual 10.000 complete course, Cooke dan Jordan akhirnya kemudian menghentikan pemasaran Tarbell Course in Magic pada tahun 1931. Namun, pada tahun 1941, pesulap Louis Tannen membeli hak Course in Magic, lalu bekerja sama dengan Tarbell dan Ralph W. Read (dari Read and Covert) untuk mengubahnya menjadi buku.

Tarbell tinggal di Elmhurst selama 34 tahun terakhir hidupnya. Dia menderita serangan jantung dan meninggal pada usia 70 tahun pada 16 Juni 1960.

Sumber: Magicpedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *