Johann Hofzinser, Bapak Sulap Kartu Dunia

johann hofzinser

Sulap.info – Ada banyak pesulap kartu hebat dalam sejarah seni sulap, sebut saja Cardini, Dai Vernon, Ed Marlo, Ricky Jay, Michael Ammar, dll.  Namun hanya satu yang disebut sebagai bapak sulap kartu dunia. Dia adalah Johann Nepomuk Hofzinser (1806-1875), pesulap abad ke-18 yang diakui berkontribusi besar terhadap seni sulap kartu modern.

Kehidupan Awal Hofzinser

Sang maestro lahir pada 19 Juni 1806 di Wina, Austria, dan meninggal pada tanggal 11 Maret 1875 (68 tahun). Mulanya, dia adalah seorang karyawan di sebuah departemen keuangan Monarki Austria-Hongaria. Kemudian pada tahun 1865 dia pensiun dari pekerjaannya dan menjadi seorang pesulap penuh waktu.

Dr. Hofzinser adalah nama panggungnya dan ketika itu dia dikenal sebagai pesulap yang andal dalam kecepatan tangan. Pada masanya, Hofzinser pernah sangat terkenal di seantero Eropa. Pada tahun 1857, bersama sang istri Wilhemine, Hofzinser sering melakukan pertunjukan ilusinya di apartemennya untuk para tamu undangan elit. 

koleksi sulap hofzinser
Koleksi alat sulap yang digunakan Hofzinser pada masanya. (www.chambermagic.com)

Kegiatan tersebut bisa dilakukannya tiga sampai empat kali seminggu. Hofzinser dan istrinya menyebut pertunjukan tersebut dengan “Eine Stunde der Täuschung” atau dalam bahasa Inggris “An Hour of Deception”. Kala itu harga tiket untuk menyaksikan pertunjukan Hofzinser relatif mahal, tak heran jika yang datang hanyalah para elite.

Menyukai Sulap Kartu

Berlanjut pada tahun 1865, Hofzinser membuat sebuah tur ke Berlin, Munich dan sebagian besar kota-kota besar di Austria Monarki. Dalam pertunjukannya, Hofzinser lebih sering menggunakan peralatan-peralatan kecil daripada peralatan ilusi besar di setiap pertunjukannya. 

kartu remi hofzinser
Koleksi kartu remi yang digunakan oleh Hofzinser. (www.chambermagic.com)

Playing cards alias kartu remi adalah salah satu properti yang paling sering digunakannya dan menjadi spesialisasinya. Dia pun menjadi legenda dalam sejarah sulap kartu, karena banyak sekali metode-metode yang diciptakannya dan masih digunakan hingga saat ini.

Naskah Tentang Hofzinser

Seorang pesulap Austria lainnya, Ottokar Fischer, menceritakan kisah tentang istri Hofzinser, setelah kematian sang pesulap besar. Wilhemine disebut menghancurkan banyak naskah tentang sulap milik Hofzinser karena itu menjadi pesan terakhir dari suaminya sebelum meninggal. Walaupun, pada akhirnya banyak yang menentang hal tersebut. 

Oleh karenanya, dipastikan ada banyak prinsip-prinsip sulap kartu kartu yang mungkin selamanya akan menjadi rahasia Hofzinser sendiri. Namun, ada beberapa naskah dari catatan murid-muridnya yang berhasil diselamatkan. Terdapat ratusan naskah tentang rahasia sulap kartu Hofzinser dalam berbagai macam koleksi.

Apa yang diketahui oleh publik tentang Hofzinser saat ini sebagian besar berasal dari buku-buku karya Ottokar Fischer (1873-1940). Di antaranya adalah buku berjudul “Kartenkünste” (1910) dan “Zauberkünste” (1942). Meskipun faktanya ada hal-hal yang dituliskan oleh Fischer ternyata tidak benar. 

Sampai akhirnya, beberapa tahun yang lalu seorang pesulap Austria, Magic Christian, menemukan banyak fakta baru tentang kisah hidup Hofzinser. Semuanya ditulis dalam buku berjudul “Non Plus Ultra” (2013) dalam Bahasa Jerman.

non plus ultra
Buku Non Plus Ultra karya Magic Christian (2013)

Seorang Dai Vernon juga sering menuliskan nama Hofzinser dalam karya-karyanya. Berikut adalah beberapa contoh prinsip, trik, atau gimmick khusus yang berasal dari Hofzinser: 

Hofzinser Pass (Herrmann Pass), Top Change, Slip Force, Pinky Count, Classic Force, One-handed Cut, Electric Deck (Sewn Deck), Diminishing Deck, Magnetic Cards, dll.

Sumber: www.magicchristian.com, www.hofzinser.info, MagicPedia, Genii November 2005

Tinggalkan Komentar