Matrix Coin, Trik yang Terinspirasi dari Konsep Matematika

matrix coin

Sulap.info – Matrix Coin adalah sebuah permainan sulap menggunakan media kartu dan koin. Seperti trik kartu dan koin pada umumnya, ada banyak variasi dalam memainkannya. Namun efek orisinalnya adalah seperti ini:

Empat buah koin dipisahkan di empat tempat membentuk persegi, kemudian masing-masing koin ditutup dengan menggunakan selembar kartu. Dengan jentikan tangan pesulap, koin-koin tersebut bisa berpindah dengan sendirinya dan akhirnya berkumpul di salah satu sudut.

Di bawah ini adalah contoh permainan Matrix Coin yang dibawakan oleh Handy Altan, salah satu kontestan The Great Magician.

Kembali ke tahun 1960-an, trik ini dikembangkan oleh pesulap bernama Al Schneider. Efeknya pertama kali dipublikasikan dengan nama Matrix pada majalah Genii edisi November 1970. Kemudian dipublikasikan ulang di majalah yang sama pada Februari 2000. 

Matrix sebenarnya merupakan pengembangan dari trik “Sympathetic Coins” karya Yank Hoe yang pertama kali dipublikasikan pada tahun 1909. Pada awalnya, Al Schneider tidak menyebutnya dengan nama Matrix, melainkan “Coins-n-Cards”. Seorang pesulap bernama Karrel Fox juga pernah mengusulkan nama “Al-ternating Coins”. 

Al Schneider tidak menggunakan kedua nama tersebut. Sampai akhirnya Al Schneider, yang saat itu bekerja sebagai dosen Fisika di sebuah universitas, terinspirasi salah satu konsep matematika yaitu matrix. 

Al Schneider pernah membuat sebuah buku tentang berbagai macam metode Matrix berjudul “The Methods of Matrix”. Apakah kamu sendiri sudah pernah memainkan trik Matrix Coin? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar, ya.

Sumber: Magicpedia

2 thoughts on “Matrix Coin, Trik yang Terinspirasi dari Konsep Matematika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *