Special Deck Tertua dalam Sejarah Sulap Kartu

stripper deck

Sulap.info – Siapa pesulap yang tidak mengenal stripper deck? Sebuah tumpukan kartu spesial yang sudah “berumur” sangat tua di dunia sulap. Jika memang kamu belum mengenal stripper deck atau bahkan belum memilikinya, segera beli di toko sulap terdekat. Suatu saat kamu mungkin akan membutuhkannya. Apa itu stripper deck dan bagaimana sejarahnya?

Pengertian Stripper Deck

Stripper deck atau yang juga dikenal dengan nama wizard deck/slipper deck/biseaute deck adalah sebuah mechanical deck yang menyajikan suatu kemudahan untuk dapat menemukan posisi sebuah kartu atau beberapa kartu dalam satu tumpuk kartu. 

Stripper deck memungkinkan seorang pesulap dengan mudah mengontrol posisi sebuah kartu atau lebih dalam satu tumpuk kartu. Walaupun tumpukan tersebut sudah diacak, tetapi pesulap tetap dapat menemukan kartu spesifik dengan mudah. Cukup dengan memotong tumpukan, atau juga bisa mengontrol banyak kartu sekaligus agar berada di atas atau dasar tumpukan. 

Sejarah Stripper Deck

Menurut John Northern Hilliard, stripper deck merupakan dek spesial yang paling tua diantara dek spesial lain seperti svengali deck, mirage deck, invisible deck, dan brainwave deck. Stripper deck pertama kali dipublikasikan pada buku Rational Recreation Vol. 4 karya Dr. W. Hooper pada tahun 1802.

Sebenarnya bagian mana yang spesial pada stripper deck? Jika diperhatikan lebih detail, masing-masing kartu pada stripper deck tidak berbentuk persegi panjang seperti kartu pada umumnya, melainkan bentuknya seperti trapesium. Panjang sisi atas dan sisi bawah dari stripper deck sedikit berbeda. Sisi atas stripper deck biasanya lebih pendek dari sisi bawahnya, mungkin hanya selisih 1 atau 2 mm. 

Foto: mastermagictricks.com

Jika dilihat, konsep dari stripper deck sangat mirip dengan one way deck. Sebelum memulai permainan, semua kartu pada stripper deck harus disusun searah seperti halnya dalam one way deck. Jika ada satu kartu yang posisinya berlawanan arah dengan kartu lainnya, maka kartu tersebut akan sangat mudah diketahui posisinya. 

Kemudian pada saat tumpukan dirapikan, maka kartu yang berlawanan arah akan terlihat sedikit menonjol keluar pada bagian sampingnya kiri atau kanannya. Dengan begitu, pesulap akan sangat mudah untuk mengetahui letak kartu tersebut dan juga bisa mengontrol kartu tersebut ke mana saja di tumpukan. 

One thought on “Special Deck Tertua dalam Sejarah Sulap Kartu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *