Jadi Pesulap Produktif Meski Cuma di Rumah Aja

Sulap.info – Demi memutus penyebaran wabah virus COVID-19 (coronavirus), masyarakat disarankan untuk melakukan segala kegiatan dari rumah. Semua kalangan merasakan dampaknya, mulai dari pekerja kantoran, pedagang, hingga performer seperti pesulap.

Anjuran karantina di rumah dan menghindari kerumunan membuat banyak acara publik dibatalkan, yang mana secara tidak langsung membuat job pesulap jadi berkurang signifikan. Mau tidak mau, pesulap harus libur sementara waktu dan berada di rumah sambil menunggu situasi kembali kondusif.

Tips Produktif di Rumah Aja untuk Pesulap

Namun jangan jadikan situasi ini sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Ada banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan oleh pelaku sulap di tengah situasi seperti ini. Setidaknya kamu tetap bisa produktif membuat karya atau bahkan menghasilkan uang meski dengan berada di rumah saja. Berikut ini beberapa saran kegiatan yang bisa kamu lakukan.

1. Mengevaluasi Permainan

Jika kamu adalah seorang penampil yang sering naik panggung, masa ‘libur’ seperti sekarang ini adalah kesempatan bagus untuk mengevaluasi permainan. Buka rekaman video atau buku catatanmu, lalu perbaiki segala kekurangan dalam permainanmu agar lebih sempurna ketika ditampilkan lagi di masa depan. 

Terkadang hal ini tidak sempat dilakukan karena jadwal manggung yang padat. Nah, mumpung ada waktu kosong, coba buat daftar kekurangan dalam permainanmu yang kiranya masih perlu diperbaiki.

2. Mengasah Keterampilan Sulap

Embed from Getty Images

Sulap sama halnya seperti olahraga, apabila semakin jarang dilakukan maka keterampilannya bisa menurun seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, di masa karantina seperti sekarang ini, manfaatkan waktu untuk terus berlatih. Lihat daftar kekurangan yang telah kamu buat pada poin nomor satu tadi, lalu latih lagi supaya jadi lebih baik.

3. Bereksperimen dengan Ide Baru

Embed from Getty Images

Mungkin selama ini kamu punya banyak ide mentah yang belum sempat diolah. Gunakan kesempatan ini untuk menggali lagi ide tersebut dan mematangkannya. Kalau bisa, jangan terpaku pada benda-benda sulap saja, melainkan terbukalah dengan objek sehari-hari untuk menciptakan keajaiban. 

Bagi pesulap yang suka menulis, ini juga waktu yang tepat untuk menggarap sebuah buku atau karya tulis lainnya tentang sulap. Barangkali saat situasi sudah membaik nanti, kamu bisa menjualnya menjadi sebuah produk atau menampilkan ide tersebut di pertunjukanmu selanjutnya. 

4. Tetap Eksis di Media Sosial

Belakangan ini banyak pesulap dari dalam dan luar negeri membuat kampanye sulap di masa karantina. Nah, kamu dan teman-teman pesulap lainnya bisa saling menantang satu sama lain untuk membuat video sulap terbaik dari rumah.

Gunakan tagar tertentu untuk mengumpulkan konten-konten serupa, baik di Twitter, Facebook, Instagram, maupun YouTube. Berbagai platform media sosial tersebut sekarang memang sudah jadi halaman portofolio bagi semua pesulap. Jadi pastikan di masa karantina ini kamu tetap menunjukkan eksistensi.

5. Diskusi dengan Komunitas Secara Online

Embed from Getty Images

Sedih rasanya ketika momen berkumpul dengan teman-teman komunitas sulap harus hilang selama beberapa waktu ke depan. Namun meski di rumah aja, kamu tetap bisa kumpul dan berdiskusi dengan mereka secara online. Gunakan aplikasi panggilan video grup yang banyak tersedia gratis di internet.

Aplikasi ini memungkinkan kamu melakukan meeting atau sekadar mengobrol satu sama lain. Misalnya seperti aplikasi Skype, Google Hangouts, Anymeeting, Zoom, Gotomeeting, dll. Cara ini akan bisa lebih efektif untuk mendiskusikan sesuatu daripada sekadar chat di grup WhatsApp.

6. Menjual Produk Digital

Banyak toko sulap mulai libur atau menutup layanan mereka karena mengutamakan keselamatan penjual dan konsumen, terutama toko-toko sulap di daerah dengan jumlah kasus tertinggi. Sebenarnya penjualan online masih berjalan, tetapi banyak yang khawatir cara ini tetap berpotensi menularkan virus COVID-19. Walaupun, sebenarnya beberapa pihak ekspedisi sudah memberlakukan aturan sterilisasi barang keluar-masuk di seluruh gudang mereka.

Jadi untuk sementara ini barang ‘paling aman’ untuk dijual adalah produk-produk digital seperti video atau PDF. Tapi kalau bisa, jangan jual yang bajakan, ya. Kalaupun iya, terserah juga, sih. Hehehe.

7. Membuat Kursus Online

Embed from Getty Images

Khawatir tidak ada pemasukan dari sulap di tengah karantina seperti sekarang? Tenang, kamu tidak sendirian. Maksudnya, ada banyak orang di luar sana yang juga dikarantina seperti kamu dan butuh suatu kegiatan bermanfaat. Nah, jika kamu cukup oke dalam sulap, cobalah buat kursus online.

Umumkan pendaftaran di media sosial, lalu mulai kursus menggunakan aplikasi panggilan video seperti yang disebutkan pada poin nomor lima tadi. Ini bisa jadi cara tetap berpenghasilan dan bermanfaat juga bagi orang lain di masa karantina.

8. Menggalang Donasi untuk Membantu Sesama

Saat ini banyak tenaga kesehatan yang menangani kasus COVID-19 berguguran, ditambah minimnya ketersediaan APD (Alat Pelindung Diri). Lalu di luar sana juga banyak pekerja lapangan yang akhirnya sulit mendapat pemasukan karena tidak bisa bekerja di situasi seperti sekarang. Mungkin inilah saatnya bagi kamu, kami dan kita semua untuk menggalang donasi semampunya dan membantu mereka.

Embed from Getty Images

Ada cara yang bisa kamu lakukan untuk menggalang donasi sebagai seorang pesulap. Rancanglah sebuah pertunjukan sulap dari rumah, lalu siarkan langsung (streaming) lewat platform YouTube, Twitch, Facebook, Instagram, atau apapun. Letakkan tautan donasi di kolom deskripsi dan minta orang-orang yang menyaksikanmu untuk berdonasi dari sana.

Ini adalah masa yang sulit bagi semua para pelaku sulap, bahkan semua orang. Krisis terjadi di mana-mana tetapi kita tentu tidak bisa hanya berdiam diri di rumah. Tetaplah produktif untuk melanjutkan kehidupan dan membantu sesama di luar sana. Nah, sebagai seorang pesulap, beberapa ide di atas mungkin bisa menginspirasimu melakukan sesuatu.

Untuk kamu, tetaplah berada di rumah agar semua ini segera berakhir. Namun jika masih harus bekerja, selalu jaga kesehatan dan keselamatan, kalian semua adalah pahlawan bagi keluarga.

One Comment on “Jadi Pesulap Produktif Meski Cuma di Rumah Aja”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *