Tutorial Membuat Kartu Bicycle Custom Face Sendiri

kartu bicycle custom

Sulap.info – Banyak ide permainan yang bisa dikembangkan dari kartu Bicycle custom blank face. Contohnya efek menghilangkan gambar di bagian depan kartu atau sebaliknya, memunculkan gambar dari selembar kartu kosong.

Bahkan sebenarnya kamu bisa membuat efek-efek bagus lainnya dengan cara mencetak gambar sendiri di bagian kartu yang kosong itu. Berbekal printer inkjet tipe apapun, foto, ucapan selamat atau logo merek dapat diaplikasikan untuk berbagai ide permainan.

Cara Print di Kartu Bicycle Custom Blank Face

Perlu digaris bawahi bahwa Ini hanya cara alternatif sehingga ada kemungkinan gagal. Maka dari itu kamu harus menyiapkan lebih dari satu lembar kartu Bicycle custom blank face untuk berjaga-jaga. 

Jika sudah paham risikonya, siapkan alat dan bahan-bahan di bawah ini:

  • printer inkjet,
  • Ms. Word/Photoshop/Corel,
  • kartu Bicycle blank face,
  • kertas A4 250gsm,
  • pisau pemotong kertas,
  • penggaris,
  • lakban bening,
  • clear matt spray,
  • koran atau kardus bekas.

Setelah semuanya siap, ikuti langkahnya tahap demi tahap mulai dari membuat template, mencetak kartu sampai melapisinya.

1. Mencetak Template

Kamu harus membuat template terlebih dahulu menggunakan software seperti Microsoft Office Word, Photoshop atau Corel Draw.

Pilih ukuran kertas A4 atau sesuai dengan kertas yang kamu gunakan. Lalu buat bentuk persegi panjang tepat di tengah halaman seukuran kartu remi poker size.

Umumnya poker size kartu adalah 63.5mm x 88.9mm. Jika tidak yakin kamu bisa ukur sendiri kartunya menggunakan penggaris.

template kartu remi

Buat tanda di kertas untuk membedakan mana sebelah atas dan bawah kertas agar arahnya selalu sama setiap kali mencetak. 

Setelah mencetaknya, jangan dulu keluar dari file template barusan.

2. Buat Lubang di Kertas

Berikutnya buat lubang dengan memotong kotak yang ada di tengah kertas. Sebaiknya cek lagi apakah ukurannya benar-benar sama dengan kartu Bicycle.

Balik kertas, lalu tempelkan lakban bening secara rapi sampai menutupi seluruh lubangnya. 

Nah, di sini kamu perlu membuat lakban agar tidak terlalu lengket. Ambil kain kemudian tempel dan lepas berkali-kali ke lakban. 

Setelah tidak terlalu lengket, letakkan kartu Bicycle custom blank face di lubang tersebut dengan punggung kartu menempel pada lakban.

Ini akan membuat kartu lebih mudah dilepas setelah kamu selesai mencetak gambar di atasnya.

3. Proses Cetak Gambar

Masih menggunakan file template yang sama, tambahkan gambar atau tulisan sesuai kebutuhan di dalam kotak. 

Susun gambar tepat di tengahnya sehingga tersisa border putih di sekeliling gambar sesuai ukuran di kartu Bicycle.

Setelah gambar siap, hapus atau hilangkan dulu garis hitam kotaknya supaya tidak ikut tercetak.

Letakkan kertas yang sudah ditempel kartu tadi dengan posisi sama seperti di awal. Itulah gunanya memberi tanda sebelah atas dan bawah pada saat kertas keluar dari printer.

4. Pengeringan dan Pelapisan

Di langkah keempat, harapannya gambar kamu sudah tercetak di kartu sesuai keinginan, namun jangan dulu sentuh bagian yang dicetak.

Lepas kartu dari lakban secara berhati-hati dengan memegang bagian border putihnya. Selanjutnya kamu harus melapisi kartu tersebut menggunakan clear matt spray.

Spray jenis ini sangat mudah didapatkan di toko-toko online. Tujuannya adalah supaya hasil cetak tidak memudar seiring berjalannya waktu.

Letakkan kartu-kartu yang sudah dicetak di atas koran atau kardus bekas. Semprotkan clear matt spray di permukaannya secara merata. Tunggu sampai benar-benar kering sebelum digunakan.

Tips

Cara ini sebaiknya tidak digunakan untuk mencetak kartu dalam jumlah banyak. Selain memakan waktu lama, kemungkinan gagal juga akan semakin besar.

Jika ingin membuat satu pak kartu custom, gunakanlah jasa percetakan profesional atau bila perlu pesan langsung ke produsen kartu Bicycle.

Akhir Kata

Demikian tutorial mencetak gambar di kartu Bicycle custom blank face untuk membuat rutin-rutin menarik. Sekarang kamu bisa mengubah kartu menjadi foto orang terkasih atau logo merek jika sedang mengambil job dari perusahaan tertentu. Selamat mencoba!

2 thoughts on “Tutorial Membuat Kartu Bicycle Custom Face Sendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *